Sah! PT Liga Indonesia Baru Memastikan Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 Kembali Dilaksanakan Pada Akhir Pekan Ini

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita memastikan bahwa kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 bakal diteruskan pada pekan ini.

Sebelumnya, PT LIB sudah menggulirkan tiga laga ajang kasta teratas Indonesia itu pada akhir pekan lalu sebagai uji coba protokol kesehatan sesuai permintaan dari pemerintah dan kepolisian.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 tahun 2021 mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2 COVID-19 di Daerah Jawa dan Bali pada diktum delapan, pemerintah mengizinkan kompetisi BRI Liga 1 untuk kembali dimulai.

Inmendagri itu dikeluarkan oleh Mendagri, Tito Karnavian pada Senin (30/08/2021) bersamaan dengan pengumuman keterusan PPKM di Jawa-Bali dan berlaku pada 31 Agustus-06 Agustus 2021.

Pemerintah mempersilakan PSSI dan PT LIB untuk menghelat kompetisi BRI Liga 1 maksimal sembilan laga tiap minggunya di daerah PPKM Level 3 dan 2.

"Terkait kelanjutan BRI Liga 1, sudah ada Inmendagri Nomor 38 tahun 2021. Kompetisi akan dilanjutkan," kata Lukita kepada Bola.com, Selasa (31/08/2021).

Diktum Kedelapan

Kompetisi sepak bola Liga 1 dapat dilaksanakan sembilan pertandingan setiap minggunya dan diselenggarakan di wilayah kabupaten/kota dengan kriteria level tiga dan level dua, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung wajub menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan.

2. Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh suporter juga tidak diperbolehkan.

3. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif tes PCR H-1, dan hasil negatif tes antigen pada hari pertandingan.

4. Penyelenggaraan ajang Liga 1 harus mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan PSSI.

Keputusan ini membikin PT LIB dapat meneruskan enam laga tersisa dari jornada perdana kompetisi BRI Liga 1.

PT LIB bakal kembali melaksanakan ajang kasta teratas Indonesia itu pada 03 September 2021 dimulai dengan laga Tira Persikabo menghadapi Madura United.

PT LIB pula sudah mengirim jadwal sambungan jornada perdana sampai keenam kompetisi BRI Liga 1 kepada para kontestan. Tetapi, kolom stadion alias venue laga masih dikosongkan.

Khusus untuk tempat enam pertandingan tersisa pekan perdana, PT LIB masih berkoordinasi dengan kepolisian. "Terkait venue pertandingan, kami sedang berkomunikasi dengan Mabes Polri. Mungkin 1-2 hari ke depan akan kami rilis," jelas Lukita.

03 September 2021

- Tira Persikabo Vs Madura United

04 September 2021

- PSIS Semarang Vs Persela Lamongan
- Borneo FC Vs Persebaya Surabaya
- Persib Bandung Vs Barito Putera

05 September 2021

- PSM Makassar Vs Arema FC
- PSS Sleman Vs Persija Jakarta

Leave a reply "Sah! PT Liga Indonesia Baru Memastikan Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 Kembali Dilaksanakan Pada Akhir Pekan Ini"

Author: 
    author