Polri Menegaskan Belum Mengeluarkan Izin Untuk Ajang Liga 1 2021

119 views

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Agus Andrianto menentukan pihaknya belum keluarkan izin keamanan untuk Liga 1 2021. Menurutnya, segala bentuk aktivitas yang mengundang keramaian, termasuk ajang masih dilarang.

"Kami belum memberikan izin untuk Liga 1 2021," kata Agus Andrianto dinukil dari laman Humas Polri, Sabtu (06/02/2021).

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono menerangkan bahwa pihaknya belum memperoleh perkembangan teranyar terkait permohonan izin untuk ajang kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim 2021 itu.

"Kalau izin dari Polri untuk Liga 1 sudah ada akan kami sampaikan," tutur Rusdi Hartono.

Sebelumnya, Polri via Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri, Kombes Pol. Budi Sajidin menuturkan bahwa pihaknya kemungkinan besar bakal memberi rekomendasi keramaian untuk Liga 1 2021.

Kepolisian pernah tidak mengizinkan ajang tahun lalu untuk diteruskan pada Oktober 2020 lantaran wabah virus Corona.

Saat itu, Budi Sajidin baru menerima berita dari Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto, bahwa pihaknya membuka kemungkinan untuk mengizinkan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air musim ini.

"Saya sudah dapat kabar dari Imam Sugianto, yang menyatakan Liga 1 kemungkinan bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan," kata Budi Sajidin pada diskusi virtual yang digagas oleh Seksi Wartawan Indonesia (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang bertajuk 'Harapan Olahraga Indonesia di Tengah Pandemi' pada Rabu (03/02/2021).

"Lampu hijau untuk Liga 1, untuk sepak bola, bisa dilaksanakan, tapi tanpa penonton," jelas Budi Sajidin.

Selain Liga 1, Budi Sajidin menuturkan Kepolisian pula bakal mengizinkan cabang olahraga lainnya untuk dihelat pada tahun ini. Pihaknya saat ini menanti surat permintaan sebelum mengeluarkan rekomendasi keramaian.

"Mudah-mudahan nanti cabor lainnya seperti bola basket, bola voli, dan yang lain-lain bisa dilaksanakan. Prinsipnya kami sayang dengan masyarakat. Kami ingin kegiatan ini maju dan berkompetisi," imbuh Budi Sajidin.