Menyongsong Duel Penentuan Menghadapi Persela Lamongan di Piala Menpora 2021, Joko Susilo Pilih Merendah

Nahkoda Persik Kediri, Joko Susilo pilih merendah menyongsong partai hidup mati meladeni Persela Lamongan pada penyisihan Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (07/04/2021).

Dia sadar diri dan realistis, kualitas skuat besutannya tidak sepadan kalau dibandingkan tim asal Kota Soto itu saat ini. Analisis pelatih asal Cepu, Blora ini berdasarkan penampilan kedua klub selama menjalani tiga duel sebelumnya.

"Saya harus jujur mengakui secara kualitas individu dan permainan, Persela di atas kami. Mereka tim yang sudah terbentuk sejak beberapa musim lalu. Sedangkan tim Persik masih proses pembentukan. Itu yang membedakan kualitas kami," katanya.

Meskipun begitu bukan berarti menurut pelatih berusia 50 tahun itu, amunisi Macan Putih jadi takluk sebelum berperang menghadapi Laskar Joko Tingkir.

"Namun tetap ada perbedaannya. Pemain Persela telah bersama satu tim sejak lama, baik yang senior maupun junior. Sementara kami mulai bersatu di Piala Menpora ini. Jadi chemistry pemain Persela telah terbentuk, sedangkan kami masih mencari-cari," ujarnya.

Joko Susilo merujuk tiga performa yang diperlihatkan anak-anak Lamongan. Menurutnya tim besutan Didik Ludianto ini punya gaya main yang stabil dan kompetitif.

"Untuk membentuk tim seperti itu pasti butuh waktu panjang. Saya cukup senang bila Persik bisa mengimbangi permainan Persela," kata Joko Susilo.

Amat menarik memang melihat jadwal dua laga pamungkas penyisihan Grup C Piala Menpora 2021 yang akan dihelat di Stadion Si Jalak Harupat Soerang, Kabupaten Bandung, Rabu (07/04/2021).

Dua partai itu bakal jadi laga hidup mati bagi tiga klub sekaligus, yaitu Persik Kediri, Persela Lamongan, dan PSS Sleman untuk memetik tiket terakhir ke perempat final turnamen pramusim ini.

Kalau tidak ada perubahan jadwal Macan Putih dan Laskar Joko Tingkir bakal laga lebih dulu pada pukul 15.15 WIB. Sedangkan Super Elang Jawa menghadapi Persebaya Surabaya puku 18.15 WIB.

Yang menarik, tiga klub ini wajib memetik kemenangan untuk mendampingi Bajol Ijo ke perempat final. Kalau Persik atau Persela menang, salah satu di antara mereka bakal mengumpulkan 6 angka.

Tapi tunggu dulu. Pemenang pertarungan Macan Putih meladeni Laskar Joko Tingkir masih wajib sport jantung. Si pemenangan belum pasti lolos ke fase berikutnya turnamen pramusim ini. Jadi baik Persik atau Persela yang menang, mereka wajib siap-siap kecewa dan gigit jari.

Pasalnya, apabila PSS Sleman bisa mengalahkan tim asal Kota Pahlawan itu pada duel malam harinya, otomatis tim besutan Dejan Antonic itu lah yang melenggang ke perempat final dengan koleksi tujuh poin.

Apabila kalau kubu Bajol Ijo yang sudah memastikan lolos cuma memainkan pilar pelapis sebagai alasan menyimpan tenaga inti di perempat final nanti. Dan, ini sah-sah saja diadakan Persebaya sebagai bagian dari strategi.

Kalau ingin menjunjung asas keadilan, idealnya kedua laga ini dihelat bersamaan waktunya di dua stadion berbeda. Kalau begitu dari tiga peserta yang memenangi partai itu tidak ada yang kecewa dan gigit jari alias di-PHP.

Leave a reply "Menyongsong Duel Penentuan Menghadapi Persela Lamongan di Piala Menpora 2021, Joko Susilo Pilih Merendah"

Author: 
    author