Pelatih PSM Makassar Lega Dengan Kinerja Timnya di Seri Perdana Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022

Sepekan menyongsong Seri Dua Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022, PSM Makassar kembali menghelat persiapan di Lapangan Bosowa Sport Center, Makassar, Jumat (08/10/2021).

Dijumpai awak media setelah latihan, juru racik Juku Eja, Milomir Seslija mengaku lega dengan hasil sementara tim besutannya. Dari enam partai yang diturunkan, PSM Makassar berada di posisi tujuh dengan mengumpulkan 9 angka.

Itulah mengapa pelatih asal Bosnia ini, berani pasang badan meladeni kritik yang menuding sejumlah pilarnya tidak memperlihatkan kinerja yang baik di antaranya, penjaga gawang Syaiful Syamsuddin yang tercatat tujuh kali mengambil bola dari gawangnya dalam lima performanya di bawah mistar Juku Eja di Seri Satu ajang kasta tertinggi Indonesia.

Kiper berusia 28 tahun itu perdana kali bermain sebagai starter pada duel jornada kedua meladeni Madura United menggantikan peran Hilman Syah yang cedera.

Menurut juru taktik berusia 57 tahun itu, penjaga gawang PSM Makassar ini sudah memperlihatkan kinerja yang apik ketika latihan mau pun laga. Jika pun, gawang Juku Eja tidak sempat clean sheet, itu adalah kesalahan klub bukan individu.

"Kesalahan (di pertahanan) itu yang harus dibenani. Tapi, saya tegaskan, gol yang terjadi di gawang PSM adalah risiko tim yang selalu bermain terbuka di setiap laga," kata Milo.

Mantan arsitek Arema itu merujuk performa tim besutannya ketika meladeni Persib Bandung pada jornada keenam Kompetisi BRI Liga 1. Sepanjang partai, Juku Eja sanggup membuat sejumlah kesempatan.

Sementara Maung Bandung yang punya materi pilar mewah tercatat cuma sekali mengadakan shot on goal. "Perlu dicatat juga, gol Persib berasal dari gol bunun diri pemain PSM," tegas Milo.

Seperti diketahui, partai klub asal Kota Kembang ini menghadapi Juku Eja berkesudahan seri 1-1.

Pada peluang yang sama, eks nahkoda Madura United itu mengungkapkan kedatangan dua legiun asing baru, Serif Hasic dan Bektur Talgat Uulu berdampak positif buat Juku Eja.

Sekarang, PSM Makassar punya kedalaman klub yang baik. Ada sejumlah posisi, dua hingga tiga punggawa wajib bersaing untuk memperoleh menit tampil.

"Hal ini sangat positif buat tim. Karena semua pemain menunjukkan kerja kerasnya dalam latihan," ungkap Milo.

Sektor tengah Juku Eja jadi bukti terbaru. Kedatangan Bektur membikin PSM Makassar sekarang punya enam winger yang mampu menggampangkan mantan pelatih Persiba Balikpapan itu mengadakan rotasi. Mereka adalah Wiljan Pluim, M. Arfan, Rasyid Bakri, Sutanto Tan, Fajar Handika dan Bektur.

Begitupun dengan Hasic yang membikin eks juru racik Sabah FA itu menggeser Hasim Kipuw di posisi lini belakang kanan untuk memberikan peluang kepada palang pintu senior Juku Eja, Zulikifli Syukur istirahat. Faktor ini mampu tampak saat Juku Eja meladeni Maung Bandung.