Pelatih Persib Bandung Menerangkan Kronologis Marc Klok Berlabuh ke Maung Bandung

Juru latih Persib Bandung, Robert Alberts, akhirnya kembali reuni dengan punggawa naturalisasi Marc Klok. Kebersamaan keduanya pernah terjalin saat memperkuat PSM Makassar musim 2017-2018.

Nahkoda asal Belanda itu mengaku hubungan dengan punggawa berusia 28 tahun itu tidak sempat terputus hingga kini. Sehingga, sang juru taktik mengetahui perkembangan karier sang winger.

"Pertama kali Marc datang ke Indonesia, saya dan dirinya bekerja sama di Makassar dan kami selalu berhubungan. Saya tahu apa yang terjadi pada Marc dan perkembangannya dalam hal sepak bola," ujar Robert kepada wartawan.

Dia pula menerangkan kronologis punggawa kelahiran Belanda itu mampu berlabuh dengan Maung Bandung, usai dilepas Persija Jakarta. Juru taktik berusia 66 tahun itu menuturkan sang pemain memberitahukan kalau dirinya sudah berpisah dengan klub Ibukota.

Mendengar berita itu, eks arsitek PSM Makassar itu langsung menghubungi manajemen Pangeran Biru untuk jajal menggaet pilar berpostur tinggi 177cm itu. Mengingat, sang punggawa memperoleh banyak tawaran dari tim lain.

"Beberapa hari lalu dia beritahu saya bahwa dirinya dengan Persija sudah sepakat berpisah karena hal teknis dan saya mengajukan kepada Teddy Tjahjono (Direktur PT Persib Bandung Bermartabat) bahwa Marc Klok tersedia untuk direkrut dan banyak tim yang menginginkannya," jelasnya.

Proses negosiasi pun terjalin dan tidak berlangsung lama eks gelandang Dundee itu akhirnya setuju untuk menjadi bagian tim asal Kota Kembang itu. Sang pemain diikat masa kerja selama empat tahun.

Mantan nahkoda Sarawak FA itu pula mengaku berbincang masalah keadaan skuatnya kepada eks punggawa Oldham Athletic itu. Sang juru latih menuturkan Maung Bandung memiliki keinginan besar untuk berada di level Asia.

"Saya bisa bilang, saya beritahu Marc soal budaya sepak bola di Persib dan dukungan yang dimiliki, juga manajemen yang dimiliki klub adalah hal fantastis," terang Robert.

"Klub (Persib) adalah salah satu yang terbaik di Indonesia dan kami akan memasuki level baru di Asia. Itu semua yang membuat Marc tertarik dan mengambil keputusan untuk menyepakati kontrak dengan durasi yang panjang," tambah dia.