Pekerjaan Rumah Besar Bali United Menyongsong Kompetisi Liga 1 dan Piala AFC

240 views

Bali United sudah mendarat dengan selamat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (19/06/2021) usai mengadakan uji tanding pramusim Tour de Java yang digagas mereka dengan meladeni PSIM Yogyakarta, Persis Solo, dan Barito Putera.

Empat kali uji tanding di Yogyakarta, Surakarta, dan Boyolali, tim asal Pulau Dewata itu memetik dua kemenangan, satu hasil seri, dan satu kali mengalami kekalahan. Ada sektor yang menjadi perhatian khusus dan wajib segera dievaluasi, yaitu pertahanan.

Dalam empat partai, Serdadu Tridatu kemasukan lima gol dengan memasukkan lima gol pula. Jelas bukan sebuah catatan bagus. Terlebih musuh-musuhnya adalah klub penghuni Liga 2 2021. Satu lagi adalah Barito Putera yang menjadi peserta Liga 1 2021.

Kalau draft awal ajang kasta tertinggi Indonesia tidak berubah, Yabes Roni Malaifani dan rekan-rekan bakal melawan Persik Kediri di pekan perdana Liga 1 pada 12 Juli di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Waktu nahkoda Serdadu Tridatu, Stefano Cugurra Teco meninggalkan Pulau Dewata menuju Brasil lantaran urusan pribadi, duo asisten Antonio Claudio dan Yogi Nugraha harus berperan berharga memperbaiki permainan anak didiknya.

Sektor bertahan mampu diujarkan menjadi milik Antonio Claudio atau karib disapa Toyo ini. Karena, sebelum dia menjadi asisten nahkoda berlisensi B AFC, Toyo adalah lini belakang tengah kuat dibeberapa tim besar Indonesia.

Dia harus punya cara supaya sektor pertahanan lebih kuat dan pilar belakang tidak melakukan emosi berlebih supaya tidak hilang konsentrasi. Mantan Asisten Pelatih Persija Jakarta itu membetulkan kalau sektor bertahan butuh dibenahi.

"Tour de Java memberikan banyak manfaat untuk kami sebagai tim pelatih. Banyak pekerjaan rumah yang harus kami benahi, salah satunya lini pertahanan Bali United. Makanya sangat baik dengan adanya ujicoba seperti ini sebelum Liga 1 dan Piala AFC," ungkapnya.

Empat laga Tour de Java, sesungguhnya ada empat pilar Serdadu Tridatu yang tidak diturunkan. Mereka adalah Haudi Abdillah, Ricky Fajrin, M. Rahmat, dan Yabes Roni Malaifani.

Menurut Toyo, ada alasan mengapa mereka absen dalam rangkaian uji tanding Bali United. Yabes masih dalam penyembuhan cedera yang dialaminya ketika internal game di Bali beberapa waktu lalu.

"Ricky Fajrin dan Rahmat sudah mulai ikut latihan bersama tim. Yabes masih cedera dan dalam tahapan (pemulihan) bersama fisioterapi. Haudi ada urusan keluarga," jelasnya. Selama ditinggal Teco menuju Negeri Samba, Toyo selalu berkomunikasi dengannya.

Tentu Toyo dan Yogi tidak mampu lepas dari eks pelatih Persija Jakarta itu sebab menu latihan yang diberikan, sang juru racik wajib mengetahuinya. Termasuk perkembangan anak didiknya di Serdadu Tridatu. Terkait kapan Stefano Cugurra kembali, Toyo masih belum mampu menjawab dengan pasti.

"Saya pasti selalu berkomunikasi dengan Coach Teco. Soal kapan Coach Teco kembali, saya belum tahu. Saya berharap urusan pribadinya disana (Brasil) bisa cepat selesai dan bisa bergabung dengan Bali United lagi," tutupnya.