Aji Santoso Menyanjung Ricky Kambuaya di Timnas Indonesia

405 views

Winger Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya, baru saja melakoni duel debutnya di Timnas Indonesia. Sang pilar bermain ketika Timnas Indonesia menang 2-1 atas Chinese Taipe dalam leg perdana play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Buriram, Thailand, Kamis (07/10/2021).

Pemain berusia 25 tahun ini merupakan satu dari tiga punggawa yang melakoni debut di level Timnas dalam partai itu selain Miftah Anwar Sani dan Ramai Rumakiek. Penampilan sang gelandang sendiri amat mengesankan selama tampil di sektor tengah Skuad Garuda.

Faktor itu memantik respons dari juru taktik Bajol Ijo, Aji Santoso, yang mengamati kinerja anak didiknya di Skuad Garuda. Dia menyebut punggawa asal Papua itu adalah pilar yang langka dengan kerja kerasnya berjuang untuk tim.

"Penampilan Ricky cukup bagus. Terbukti dia sebenarnya (bisa) main terus, mungkin karena cedera saja jadi diganti,” ungkap Aji Santoso.

Pilar berpostur tinggi 175cm ini bermain sejak menit perdana dalam laga itu. Sayangnya, dia tidak mampu berlaga 90 menit lantaran mengalami cedera. Sang pemain ditarik keluar pada menit ke-71 dan diganti dengan Kadek Agung.

Dalam menit tampil itu, gelandang Persebaya Surabaya ini mencatatkan catatan statistik yang cukup bagus untuk seorang punggawa debutan. Sang pilar menorehkan 44 operan sukses, tiga intersep, dan satu tekel.

"Ricky adalah pemain yang memiliki ketenangan, visi bermain sepak bola yang bagus. Bertahan dan menyerangnya juga bagus. Dan cara dia melewati lawan itu tidak banyak dimiliki para pemain lainnya,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Beruntung, winger bernomor punggung 17 di Persebaya Surabaya itu diberitakan sudah sembuh dari cederanya dan siap kembali bermain melakoni duel internasional.

Timnas Indonesia sendiri masih bakal menghadapi Chinese Taipei dalam leg kedua yang dilaksanakan di stadion yang sama, Senin (11/10/2021).