Kemungkinan 100 Persen Punggawa Lokal di Piala Menpora 2021, PSM Makassar Tetap Penuh Harapan

PSM Makassar terus menghelat persiapan secara sungguh-sungguh menyongsong meladeni persaingan sengit di Piala Menpora 2021.

Sejak latihan pertama pada Minggu (07/03/2021) hingga Senin (15/03/2021), tidak tampak satu pun legiun asing di Lapangan Bosowa Sport Centre, tempat tim asal Makassar ini menyiapkan diri.

Termasuk sang kapten, Wiljan Pluim, satu-satunya pilar asing yang masih terikat masa kerja dengan Juku Eja. Fakta ini jadi pertanda manajemen PSM Makassar akan mengandalkan seratus persen amunisi lokal untuk bersaing di Piala Menpora 2021.

Meskipun tidak memakai jasa punggawa impor plus kehilangan mayoritas pemain penting, Juku Eja dinilai memiliki potensi membikin kejutan di turnamen pramusim nanti. Setidaknya bila menilik materi pilar yang sedang melakoni program persiapan di bawah besutan Syamsuddin Batola, arsitek kepala PSM Makassar.

Masih ada nama-nama familiar seperti Zulkilfi Syukur, Hasim Kipuw, Hendra Wijaya, Nurhidayat Haji Haris, Hilmansyah, Rizky Eka Pratama, M. Arfan, Rasyid Bakri, Patrich Wanggai dan Zulham Zamrun.

Teranyar mantan winger Persija Jakarta dan Bali United, Sutanto Tan sudah mengikuti sesi latihan, Senin (15/03/2021). Syamsuddin pun masih menanti kedatangan Rizky Pellu dan Yakob Sayuri yang baru saja melakoni TC Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021.

"Saya tetap optimis PSM bisa bersaing di Piala Menpora 2021. Minimal di penyisihan grup," terang Syamsuddin.

Seperti diketahui, pada Piala Menpora 2021, Juku Eja terlabuh di Grup B bareng Borneo FC, Bhayangkara Solo FC, dan Persija Jakarta. Seluruh duel grup ini berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Suasana dan keadaan latihan Juku Eja yang memperlihatkan perkembangan positif disambut senang kalangan pendukung. Seperti diujarkan Daeng Uki, Panglima Laskar Ayam Jantan.

Menurut Daeng Uki, sejatinya para pendukung cuma minta klub kesayangannya itu mampu berpartisipasi di Piala Menpora 2021. "Kami pun tak mempermasalahkan apapun hasil yang digapai PSM di Piala Menpora 2021 nanti," kata Daeng Uki.

Tapi, sejalan dengan perkembangan klub dalam latihan, Daeng Uki setuju dengan keyakinan yang diberikan Syamsuddin sebagai nahkoda.

"Sebagai suporter kami tetap mendukung PSM apapun kondisinya. Itulah mengapa kami berharap seluruh pemain juga menunjukkan semangat yang sama dan tampil dengan kemampuan terbaik masing-masing," pungkas Daeng Uki.