Hasil Tes Kesehatan Memuaskan, Tim PSS Sleman Pantas Bermain di Piala Menpora 2021

Tim PSS Sleman sudah berada di Kota Bandung sejak beberapa hari lalu. Klub asal Sleman ini tampil di Grup C yang dipusatkan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Manajemen Super Elang Jawa pula lebih dulu memberitahukan kepada semua pilarnya untuk langsung berkumpul dan mengadakan persiapan di Kota Kembang. Faktor perdana yang dilalui adalah medical check up atau tes kesehatan yang tempuh Irfan Bachdim dan rekan-rekan.

Tes kesehatan sendiir diadakan pada Kamis (11/03/2021) untuk 27 amunisi yang sudah berada di Bandung dengan lebih dulu melakoni swab test antigen dan dinyatakan negatif Corona. Kemudian hasilnya keluar pada Jumat (12/03/2021) malam.

Adapan hasil tes kesehatan PSS Sleman memperlihatkan negatif Corona alias dinyatakan cukup pantas bermain mengarungi Piala Menpora 2021 yang tinggal menyisakan waktu sepekan lagi.

"Secara keseluruhan Alhamdulillah hasilnya cukup baik dan layak. Walaupun ada catatan tapi hal itu masih bisa ditoleransi, dan saya pastikan bahwa 27 pemain yang melakukan tes kesehatan kemarin layak dan siap untuk membela tim di ajang Piala Menpora," terang dokter tim PSS Sleman, Elwizan Aminudin, Sabtu (13/03/2021).

Menurut, ada beberapa indikator yang dipakai petugas kesehatan untuk memeriksa kesehatan punggawa. Di antaranya pemeriksaan fisik yang diadakan oleh dokter ortopedi untuk mendeteksi cedera, kemudian pemeriksaan jantung ketika istirahat maupaun berkegiatan.

"Juga dilakukan pemeriksaan laboratorium darah dan urin untuk mendeteksi apakah ada penyakit bawaan atau tidak. Kemudian yang terakhir adalah pemeriksaan audiometri dan spidometri, yaitu untuk nafas, telinganya, termasuk mata juga," ujarnya.

"Tes kesehatan kemarin bisa mendapatkan beberapa titik lemah, bukan mencari kelemahannya, namun juga mencari solusinya. Misalnya di otot kaki kanan yang lemah akan diberikan pelatihan khusus. Nanti saya akan berkolaborasi dengan Fisioterapi dan pelatih fisik," jelas Elwizan Aminudin.