Mochamad Iriawan: Pemerintah Dukung Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 Untuk Dilanjutkan

Keterusan kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 memperoleh lampu hijau dari pemerintah. Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan ajang memperoleh kembali dihelat usai simulasi tiga laga.

Pria berusia 59 tahun ini sudah mengadakan koordinasi dengan Deputi di Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Selain itu, pihaknya bareng PT Liga Indonesia Baru (LIB) pula menghadap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito pada Senin (30/08/2021).

"Dari komunikasi kami, mereka mengapresiasi jalannya protokol kesehatan dalam tiga pertandingan awal BRI Liga 1," kata Iwan Bule dinukil dari laman PSSI.

"Untuk laga selanjutnya, mereka memberikan dukungan untuk BRI Liga 1 agar dilanjutkan. Terkait lokasi, tentu kami menunggu arahan dari pemerintah," jelas Iwan Bule.

Sementara itu, pada perjumpaan dengan BNPB, PSSI diwakili oleh Wakil Ketua Iwan Budianto dan Sekjen Yunus Nusi. Keduanya ditemani oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

"Alhamdulillah kami melakukan diskusi dan melaporkan kepada Kepala BNPB terkait perkembangan BRI Liga 1. Beliau sangat mendukung bahkan antusias mengikuti pertandingan BRI Liga 1," ujar Yunus Nusi.

"Kami berharap pertandingan keempat segera berjalan. Dengan dukungan dari BNPB ini, PSSI mengapresiasi dan berkomitmen untuk terus menjalankan kompetisi dengan protokol kesehatan yang ketat," imbuhnya.

PT LIB sudah mengirim jadwal sambungan jornada perdana sampai keenam kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 kepada para kontestan. Tetapi, operator ajang itu masih mengosongkan kolom stadion alias venue laga.

PT LIB belum mampu memastikan tempat untuk seluruh pertandingan ajang kasta tertinggi Indonesia itu lantaran masih menanti rekomendasi dari Satgas Corona, terkait perkembangan pandemi di ajang yang menjadi tuan rumah ajang.

PT LIB pula belum mampu memberitahukan jadwal kompetisi BRI Liga 1 kepada publik lantaran masih menanti arahan lanjutan dari Pemerintah usai menghelat tiga partai.

Pemerintah via Kapolri Listyo Sigit Praobowo dan Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pulau Jawa hingga Bali, Luhut Pandjaitan bakal lebih dulu mengevaluasi penyelenggaraan tiga duel awal ajang kasta teratas Indonesia itu.

PT LIB berencana untuk kembali memutar kompetisi BRI Liga 1 pada 03 September 2021 dengan meneruskan enam duel tersisa dimulai oleh laga Tira Persikabo menghadapi Madura United.

03 September 2021

- Tira Persikabo Vs Madura United

04 September 2021

- PSIS Semarang Vs Persela Lamongan
- Borneo FC Vs Persebaya Surabaya
- Persib Bandung Vs Barito Putera

05 September 2021

- PSM Makassar Vs Arema FC
- PSS Sleman Vs Persija Jakarta