Masalah Sasaran Tinggi Manajemen Arema, Seperti Ini Kata Nahkoda Baru Singo Edan

Arema FC memberi sasaran tinggi kepada arsitek anyarnya Eduardo Almeida. Dia diinginkan mampu membawa tim asal Malang ini menembus level Asia untuk musim depan.

Artinya, Singo Edan wajib juara atau minimal runner-up di Liga 1 2021 demi mampu tampil di Piala AFC. Ini sesungguhnya sasaran yang sudah dicanangkan manajemen Arema sejak musim 2020 lalu.

Tapi faktor itu tidak berhasil dicapai karena ajang tidak berlanjut karena wabah virus Covid-19. Masalah sasaran dari manajemen, pelatih asal Portugal itu memberi pandangannya.

Dia menganggap sasaran tinggi dalam klub merupakan faktor berharga. Lantaran itu mencerminkan keinginan yang besar.

"Sangat penting target tinggi untuk tim. Ini akan memberikan tanggung jawab besar kepada semua. Tapi target tinggi harus tetap realistis,” kata Almeida.

Realistis artinya tentu banyak hal. Selain materi skuat apik, keadaan skuat nyaman, dukungan penuh dari suporter dan lainnya dalam keadaan apik. Tetapi kalau keadaan itu kurang apik, mantan pelatih Semen Padang itu pula tidak bakal gampang menyerah.

"Sebenarnya target tinggi bukan sekedar faktor pelatih saja. Tapi semua elemen harus punya tanggung jawab dengan hal itu. Jadi, kami harus mengerjakan bersama-sama setiap hari,” sambungnya.

Kalau melihat susunan skuat Singo Edan, sesungguhnya sasaran jadi kampiun atau runner-up cukup berat. Tidak banyak amunisi bintang yang dimiliki. Lantaran tidak ada perekrutan mentereng yang diadakan di jendela transfer.

Beda dengan apa yang diadakan Persija Jakarta, Persib Bandung, Bali United, Bhayangkara FC dan klub besar lainnya. Tapi Singo Edan masih memiliki pilar berkualitas. Seperti Dendi Santoso, Ahmad Alfarizi, Hanif Sjahbandi, Bagas Adi, Dedik Setiawan, Kushedya Hari Yudo dan lainnya.

Para punggawa di atas memiliki pengalaman bareng Timnas Indonesia. Tetapi, juru racik berusia 43 tahun itu belum secara langsung melihat kualitas pilar Singo Edan saat ini. Tapi dia telah menginventarisir timnya. Baik tim lokal maupun asingnya.

Yang jelas, eks nahkoda Melaka United itu siap dengan sasaran yang dibebankan manajemen Singo Edan. "Jika ditanya apakah saya siap? Saya sangat siap. Dengan semua pengalaman saya, yakin bisa melewati musim ini dengan baik dan berusaha memenangkan semua laga,” Almeida menuturkan.

Leave a reply "Masalah Sasaran Tinggi Manajemen Arema, Seperti Ini Kata Nahkoda Baru Singo Edan"

Author: 
    author