Kuota Punggawa Muda Banyak Sekali, Persela Lamongan Percaya Bermasa Depan Bagus

Persela Lamongan menjadi salah satu klub yang tampil dengan cuma pilar lokal di partai pertama kompetisi BRI Liga 1 2021/2022. Masalah administrasi yang belum keluar disinyalir jadi penyebab legiun asing tidak mampu dimainkan.

Guilheme Batata masih menderita cedera. Namun, Demerson dan Ivan Carlos sejatinya masuk konsep juru racik Iwan Setiawan ketika meladeni PSIS Semarang di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, akhir pekan lalu.

Tanpa punggawa asing, klub asal Kota Soto itu sesungguhnya tampil tidak buruk-buruk amat. Mengingat musuh yang diladeni Laskar Joko Tingkir memainkan tiga pilar impor.

Bahkan, mereka bisa menghadapi permainan PSIS Semarang sampai waktu normal berakhir. Tetapi petaka malah hadir di masa tambahan waktu ketika Riyan Ardiansyah sukses menjaringkan bola ke sudut gawang Laskar Joko Tingkir.

Kesalahan itu memperpanjang catatan Laskar Joko Tingkir yang selalu takluk di duel pertama sejak 2017, sekaligus memperburuk rekor perjumpaan kedua klub, di mana Persela tidak sempat menang atas PSIS Semarang dalam enam partai terakhir.

Kapten Laskar Joko Tingkir, Dwi Kuswanto, mengakui jika hasil di jornada pertama bukan sebuah faktor yang diinginkan. Sebagai salah satu punggawa senior, sang pilar, merasa tim besutan Iwan Setiawan sudah berupaya semampunya.

"Pemain sangat terpukul dengan hasil yang bagi Persela Lamongan sangat tidak memuaskan. Sudah beberapa kali ketemu PSIS di menit-menit akhir pasti kebobolan," ungkapnya.

Di laga itu, Laskar Joko Tingkir bukan cuma tanpa legiun asing. Namun mereka 'dipaksa' memercayakan beberapa punggawa muda untuk mentas d Liga 1.

Ibrahim Musa Kosepa memperoleh kepercayaan di posisi starter untuk mengisi ruang yang ditinggalkan Ivan Carlos. Sementara M. Revan Djibril dan Naufal Rahmanda masuk sebagai punggawa pengganti di pertengahan babak kedua.

Selain ketiganya, Laskar Joko Tingkir sesungguhnya punya sederet pilar muda lainnya. Seperti Gian Zola, Sandy Ferizal hingga Faizal Shaifullah yang sempat mengikuti TC Timnas Indonesia U-16.

"Saya salut kepada semuanya yang telah berjuang bersama-sama. Saya yakin kami akan mempunyai prestasi yang bagus ke depannya. Saya lihat seperti itu, semoga saja," tandasnya.

Usai meladeni PSIS Semarang, Laskar Joko Tingkir bakal bersua dengan Persipura Jayapura dalam sambungan ajang kasta teratas Indonesia musim 2021/2022, Jumat (10/09/2021) sore WIB.

Untuk sementara, tempat laga belum ditentukan. Sorotan mengarah kepada pemain asing Laskar Joko Tingkir yang pernah tidak mampu diturunkan di partai sebelumnya.

Meski sudah berada di stadion, Ivan Carlos dan Demerson Bruno, tidak diizinkan bermain. Padahal, kedua punggawa itu sudah memperoleh dua kali dosis vaksin sejak datang di Indonesia pada Juli lalu.

Harusnya persyaratan ini sudah bukan rintangan dan masalah administrasi yang pernah menghadang tidak bakal terjadi di pekan kedua.