Ketua PSSI Percaya Kompetisi Liga 1 Mampu Dilaksanakan pada Agustus atau Awal September 2021

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, berkeinginan kompetisi Liga 1 musim ini dapat dihelat pada Agustus atau awal September 2021 usai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 berkesudahan pada 02 Agustus 2021.

"Mudah-mudahan pada pekan depan, saat PPKM Level 4 selesai dan tidak diperpanjang, tentu kami akan komunikasikan dan saya yakin, pada Agustus atau September 2021, Liga 1 bisa bergulir," kata Iriawan dalam wawancaranya dengan CNN Indonesia TV, Selasa (27/07/2021).

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terpaksa menunda kick-off ajang Liga 1 dari 09 Juli sampai batas waktu yang belum ditentukan buntut dari permintaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), disusul penerapan PPKM Level 4 akibat gelombang kedua wabah virus Corona.

PSSI dan PT LIB sudah mempunyai rencana memulai ajang kasta tertinggi Indonesia pada 20 Agustus 2021, tetapi pemerintah malah menambah durasi PPKM Darurat Level 4 dari 25 Juli 2021 sampai awal bulan depan.

Saat ini, PSSI masih menanti rekomendasi dari BNPB yang berikrar akan memberi kejelasan terkait rekomendasi untuk kompetisi Liga 1 pada Rabu (28/07/2021).

"Mudah-mudahan pandemi COVID-19 bisa turun dan kompetisi dapat dijalankan," jelas Iriawan, yang punya nama panggilan Iwan Bule tersebut.

"Kami sudah punya protokol kesehatan dalam menjalankan kompetisi. Jadi sebetulnya kami tinggal menjalankan. Tapi kami menghargai BNPB. Kami menunggu perkembangan dari BNPN," tutur Iriawan.

Mochamad Iriawan pula memastikan Kepolisian tidak berubah pikiran kepada izin untuk ajang kasta tertinggi Indonesia. Mabes Polri disebutnya tetap mempersilakan ajang untuk bergulir di tengah wabah virus Corona, tetapi rekomendasi dari BNPB pula wajib dipenuhi.

"Izin dari kepolisian untuk Liga 1 sudah keluar. Beberapa waktu lalu, kami sudah komunikasikan dengan Pak Asops Kapolri, Irjen Imam Sugianto," terang Iriawan.

"Dari Mabes Polri, masih on the track. Tapi tetap, menunggu perkembangan dari BNPB," purnawirawan polisi berpangkat terakhir Komjen Pol. tersebut.