Bima Sakti Mengamati Keadaan Amunisi Timnas Indonesia U-16 Via Latihan Online

Juru racik Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, memilih sistem latihan online untuk mengamati keadaan fisik para punggawanya. Aktivitas ini menjadi yang perdana diadakan Timnas U-16 pada 2021.

Timnas Indonesia U-16 sebelum menyudahi 2020 dengan pemusatan latihan di Yogyakarta pada Desember lalu. Selama pemusatan latihan itu, Timnas U-16 digenjot sebanyak bahan sampai laga internal.

Untuk menjaga keadaan fisik amunisi, nahkoda asal Balikpapan ini memakai metode latihan online. Faktor ini dinilai ideal dan aman selama wabah virus Corona.

"Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pilihan kami adalah melakukan latihan virtual untuk beberapa pemain. Itu merupakan bagian dari pekerjaan rumah mereka," kata Bima Sakti seperti dikutip situs resmi PSSI, Sabtu (09/01/2021).

Pelatih berusia 44 tahun ini pula berpesan supaya para pilar menjaga pola hidup berupa makan dan tidur selama di rumah. Via metode latihan online inilah sang arsitek ingin membangkitkan kembali keadaan punggawa.

"Saya berpesan kepada pemain agar mereka bisa menjaga pola makan dan tidurnya di rumah pada masa break kondisi menurun, sehingga kita harus bangkitkan lagi kondisi mereka," tegas Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-16 akan bermain di Piala AFC yang konsepnya akan dihelat pada Maret 2021. Kelaknya, Timnas Indonesia U-16 terlabuh di Grup D bareng Jepang, Arab Saudi, dan China.

Sementara itu, juru taktik fisik Timnas Indonesia U-16, Gilang Ramadhan, menuturkan latihan ini lebih untuk meneruskan dan menjaga kebugaran keadaan fisik pilar. Metode ini dikenal ideal untuk jaga keadaan fisik menyongsong pemusatan latihan sambungan.

"Terutama masalah kekuatan massa otot mereka. Dari hasil tes di pemusatan latihan kemarin, ada beberapa pemain yang memang harus ada pembenahan di bagian otot paha, kemudian di betis. Supaya mereka bisa lebih baik lagi di TC berikutnya," tegas Gilang.

Tim besutan Bima Sakti ini menjadi yang tersibuk sepanjang 2020. Timnas Indonesia U-16 terdaftar nyaris tiap bulan menghelat pemusatan latihan dan satu kali menjalani uji tanding luar negeri.