Bermain di Piala AFC, Ini 5 Faktor Yang Menjadi Fokus Utama Pelatih Persipura Jayapura di Timnya

Jacksen F Tiago menyatakan ada sedikitnya lima angka yang tengah dikebutnya di Persipura Jayapura menyongsong keikutsertaan klubnya di Piala AFC.

Tim asal Jayapura itu bakal bermain meladeni pemenangan laga Visakha (Kamboja) menghadapi Lalenok United (Timor Leste) pada partai playoff Zona ASEAN pada 19 Mei 2021 pada gelaran Piala AFC.

Persipura telah menjalani persiapan mantap di Malang. Satu faktor perdana yang menjadi fokus adalah blending antara pilar senior dan junior.

"Saya turunkan dua tim (saat uji coba melawan UNCEN), yang mana punya kekuatan seimbang antara pemain seleksi, muda, dan yang lebih berpengalaman. Apapun hasil akhirnya tidaklah penting," kata Jacksen saat sesi tanya jawab via zoom meeting kepada awak media.

"Tujuan saya adalah mix timnya, supaya pemain muda bisa interaksi dengan yang lebih berpengalaman. Lagipula laga lawan UNCEN bukan keinginan saya, tapi permintaan dari Ketua Umum tim dan Rektor UNCEN. Bagusnya saya jadi punya catatan dari hasil latihan Persipura Jayapura selama ini," kata Jackson.

Dalam rutinitas latihan yang ditangani staf kepelatihan Mutiara Hitam, pelatih berusia 52 tahun ini kemudian menerangkan bahwa ia mau klubnya lebih agresif lagi.

"Yang jelas, kita mau tim yang sangat taktis, kompak, agresif, dan selalu fokus pada kemenangan. Itu yang saya coba terapkan. Memang persiapan Persipura Jayapura singkat, tapi sudah berjalan dengan baik," ujar Jacksen lagi.

Palang pintu senior Mutiara Hitam, Ricardo Salampessy, akan menjadi tutor buat pilar muda. Sebagai amunisi berpengalaman, ia tentu ingin menjadi contoh yang baik, di luar maupun di atas lapangan.

"Saya harus istirahat cukup, makan yang baik. Dengan usia sekarang ini, proses recovery lebih lama. Maka dari itu, saya harus pintar menjaga kondisi," kata eks bek Timnas Indonesia ini.

"Untuk pemain muda, saya sebagai senior akan mencoba berbagi pengalaman saya dan kasih motivasi. Mereka harus cepat beradaptasi, terutama buat para pemain magang."

"Satu hal lagi, harus percaya diri, mungkin saat mereka berlatih masih terkesima karena satu lapangan dengan idola. Sebagai senior saya harus membantu mereka agar bisa keluar kemampuannya," katanya lagi.

Tentang legiun asing, arsitek kelahiran Brasil itu memberi update. Baginya, yang paling penting bukan dari mana pilar itu, melainkan telah wajib berada dan sempat tampil di Indonesia. Rintangan keuangan menjadi masalah utama.

"Belom ada yang kontrak sama sekali, dan soal apakah dari Brasil atau bukan itu tidak penting, yang paling penting pemain itu pernah main di Indonesia dan berada di sini, itu patokan utamanya," lanjut Jacksen.

Leave a reply "Bermain di Piala AFC, Ini 5 Faktor Yang Menjadi Fokus Utama Pelatih Persipura Jayapura di Timnya"

Author: 
    author