Berkarier Dalam Umur 40 Tahun, Striker Madura United Merasa Tertantang

403 views

Penyerang naturalisasi Beto Goncalves berpotensi menjadi satu di antara beberapa amunisi tertua yang bakal bermain di Liga 1 2021. Sang pilar sudah berusia 40 tahun, umur yang amat gaek untuk pilar depan.

Tetapi, kualitasnya di atas lapangan masih layak diandalkan. Produktivitasnya dalam melesakkan gol yang membikinnya menjadi amunisi perdana yang dikontrak Madura United untuk musim 2021.

Penyerang kelahiran Brasil ini telah mulai mengikuti TC tim asal Pulau Garam ini yang dihelat di Kota Batu. Sang pemain sesungguhnya baru saja menempuh perjalanan dari Brasil. Tetapi, gairah besar membikinnya ingin segera berjumpa dengan teman-teman seskuatnya.

Punggawa berpostur tinggi 175cm itu merasa musim ini akan menjadi tantangan yang tidak gampang. Sang striker menyadari keadaan fisiknya telah mulai menurun seiring makin bertambah umur, apalagi sekarang sudah memasuki kepala empat.

"Saya akan kembali bersiap, karena umur saya sudah tidak muda seperti dulu. Usia 40 tahun memang harus khawatir. Tapi, di sana saya sudah melakukan persiapan. Memang bisa kuat dan siap untuk berkompetisi. Tidak mudah pemain berusia 40 tahun bisa dikontrak," ujar Beto.

Pada musim 2020, ujung tombak bernomor punggung 9 di Madura United ini pernah dipinjamkan ke Sriwijaya FC yang bermain di Liga 2 2020. Tetapi, dia belum pernah kembali unjuk kebolehan bareng klub asal Palembang itu karena dimandekkan.

Eks pemain Persipura Jayapura itu merupakan fenomena unik dengan koleksinya yang melimpah selama berkarier di Indonesia. Dia tidak bimbang untuk kembali punya sasaran pribadi dalam melesakkan brace untuk Laskar Sape Kerrab.

“Setiap kami bergabung di klub, target saya harus mampu mencetak dua puluh gol,” ucap Beto Goncalves.

Dukungan keluarga pula menjadi satu di antara beberapa alasan utama berlabuh dengan tim kebanggaan Kconk Mania ini. Ia mengaku sudah banyak rekan di tim itu, dan tidak pernah memiliki masalah, baik dengan tim atau para pilar.

“Saya senang, keluarga juga senang saya bisa kembali ke Madura United. Saya pasti akan berikan yang maksimal di mana pun saya berada. Di sini juga tidak berbeda, saya pasti juga kerja keras biar bisa maksimal dan ada prestasi dengan Madura United,” ujarnya.

“Saya sudah lama di Madura United, tapi belum bisa menyumbang trofi. Saya bekerja dengan teman-teman supaya tahun ini bisa menjadi tahun yang sukses,” tutur pemilik nama lengkap Alberto Goncalves da Costa tersebut.

Mantan pilar Sriwijaya FC ini sesungguhnya bukanlah punggawa perdana yang bermain di Liga 1 pada umur yang sudah tidak lagi muda. Sebelumnya, ada penyerang naturalisasi Cristian Gonzales yang memperkuat Arema FC ketika berumur 41 tahun.