Belum Pernah Kalah di Piala Menpora 2021, Ritual Khas PSM Makassar Mengumandang di Stadion Kanjuruhan

PSM Makassar meneruskan kejutannya di Grup B Piala Menpora 2021. Usai mengalahkan Persija Jakara dua gol tanpa balas, sekarang giliran klub bertabur bintang Bhayangkara Solo FC yang sukses ditahan 1-1 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (27/03/2021).

Kekompakan skuat menjadi senjata utama Juku Eja. Lantaran secara materi pilar, mereka masih dibawah Macan Kemayoran dan The Guardian.

Salah satu momen yang memperlihatkan kekompakan mereka tampak di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Dalam dua kali laga, tim asal Makassar itu jadi klub terakhir yang masuk ruang ganti.

Mereka meninggalkan lapangan terakhir lantaran lebih dulu mengadakan ritual khusus, yaitu merayakan perolehan angka. Punggawa, Juru racik, dan ofisial berkumpul di lapangan dengan menjaga jarak. Mereka menghadap ke tribu VVIP. Mengangkat kedua tangan, lalu berteriak 'Ewako'.

Selebrasi sederhana tetapi ikonik itu pula diabadikan ofisial Juku Eja yang ada di tribun. Punggawa senior PSM Makassar, Hasim Kipauw mengaku kalau ritual itu sudah jadi kebiasaan sejak di Makassar, dan itu berharga untuk membikin tim tetap kompak dalam keadaan apapun. "Ini sudah jadi tradisi sejak di Makassar."

Di awal turnamen, kapten klub Juku Eja, Zulkifli Sykur menerangkan kalau klubnya tidak ingin dianggap sebelah mata. Dengan materi amunisi 100 persen lokal, mereka ingin memberi bukti masih mampu bersaing di grup nereka.

Slogan 'Siri na Pacce' yang artinya harga diri dan tidak mau takluk dengan siapapun ditanamkan kepada teman-temannya. "Kami membawa modal slogan siri na pace. Jadi, lawan siapapun kami siap," tegas Zulkifli.

Arsitek Syamsuddin Batolla pula menyanjung penampilan anak didiknya. Arahan yang diberikan mampu dilakukan lebih maksimal. Padahal mereka hadir dengan persiapan sedikit. Tidak sedikit pilar pentingnya angkat koper lantaran permasalahan keuangan tim.

"Dari persiapan dan materi pemain ini, kami memberi bukti semua bisa dilakukan asal dengan kerja keras," jelasnya.

Jadwal dan Hasil Laga di Grup B Piala Menpora 2021:

22 Maret 2021

- Bhayangkara Solo FC Vs Borneo FC Samarinda 1 - 0.
- Persija Jakarta Vs PSM Makassar Pukul 0 - 2.

27 Maret 2021

- PSM Makassar Vs Bhayangkara Solo FC 1-1.
- Borneo FC Samarinda Vs Persija Jakarta Pukul 0-4.

31 Maret 2021

- Borneo FC Samarinda Vs PSM Makassar Pukul 15.15 WIB.
- Persija Jakarta Vs Bhayangkara Solo FC Pukul 18.15 WIB.

Leave a reply "Belum Pernah Kalah di Piala Menpora 2021, Ritual Khas PSM Makassar Mengumandang di Stadion Kanjuruhan"

Author: 
    author